Rabu, 16 November 2011

Hierarki Kebutuhan Dasar Manusia

Hierarki Kebutuhan Dasar Manusia

Setiap makhluk hidup mempunyai kebutuhan, tidak terkecuali manusia. Manusia mempunyai kebutuhan yang beragam. Namun, pada hakekatnya setiap manusia mempunyai kebutuhan dasar yang sama. Kebutuhan dasar tersebut bersifat manusiawi dan menjadi syarat untuk keberlangsungan hidup manusia. Siapa pun orangnya pasti memerlukan pemenuhan kebutuhan dasar.

Hierarki Kebutuhan Dasar Manusia

Hierarki Kebutuhan Dasar ManusiaKegagalan pemenuhan kebutuhan dasar menimbulkan kondisi yang tidak seimbang, sehingga diperlukan bantuan terhadap pemenuhan kebutuhan dasar tersebut. Di sinilah pentingnya peranan perawat sebagai profesi kesehatan di mana salah satu tujuan pelayanan keperawatan adalah membantu klien dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.
Jenis-jenis kebutuhan dasar manusia yang menjadi lingkup pelayanan keperawatan bersifat holistik yang mencakup kebutuhan biologis, psikologis, sosial, dan spiritual. Di kalangan profesi keperawatan, teori kebutuhan dasar manusia yang sering dijadikan acuan adalah hierarki kebutuhan dasar manusia yang dipublikasikan Abraham Maslow pada tahun 1970.
Abraham Maslow adalah seorang psikolog aliran human isme yang hidup pada tahun 1908-1970. Menurut Maslow ada lima hierarki kebutuhan dasar manusia (five hierarchy of needs), yaitu kebutuhan fisiologis; kebutuhan keselamatan dan keamanan; kebutuhan mencintai dan dicintai; kebutuhan harp diri; serta kebutuhan aktualisasi diri.
Apabila dikaji berdasarkan konsep manusia dalam perspektif keperawatan yang memandang manusia sebagai makhluk holistik, maka hierarki kebutuhan dasar manusia tidak cukup ada lima, tetapi enam. Dalam perspektifkeperawatan tersebut, kebutuhan dasar yang keenam ini dapat dikategorikan ke dalam aspek spiritual pada konsep manusia. Hierarki kebutuhan dasar manusia yang keenam adalah kebutuhan akan transendental diri di mana seseorang memerlukan adanya kedckatan dengan Tuhan. Mahzar (Wait Maslow 2004) mengungkapkan bahwa menjelang akhir hayatnya, Maslow menambahkan hierarki kebutuhan mausia yang keenam yaitu kebutuhan transendental diri.
Kebutuhan transendental diri ini merupakan puncak kesadaran eksistensi manusia di mana secara fitrah manusia menyadari akan adanya Tuhan dan memerlukan pertolongan-Nya. Dengan demikian, individu yang telah mencapai level ini mengalami keseimbangan hidup di mana hidup bukan hanya sekadar pemenuhan jasmaniah semata, tetapi unsur rohani pun terpenuhi.
Berbagai kebutuhan dasar tersebut senantiasa muncul, meskipun dengan kemungkinan tidak muncul secara berurutan.
Artinya, ada sebagian orang dengan keyakinan tertentu, hierarki kebutuhannya berbeda dibanding yang lain. Berdasarkan pemenuhan kebutuhan dasar manusia, maka akan dapat disimpulkan mengenai kualitas perkembangan kepribadian seseorang. Makin tinggi hierarki kebutuhan seseorang terpuaskan, maka orang tersebut makin optimal dalam mencapai derajat kemandirian

1 komentar:

  1. New Las Vegas Casinos to Open in New Year's Eve 2021
    The new COVID-19 vaccination program is expected to cost $1,000 서울특별 출장마사지 in 논산 출장안마 the next 김해 출장마사지 three weeks, and 부산광역 출장샵 will have to be provided within 당진 출장샵 24 hours of

    BalasHapus